Kamis, 01 Mei 2014

Agar Bebas Penyakit meski Kerja Shift Malam

Assalamualaikum, Apa kabar pemirsa Info Kerabat? mudah- mudahan baik-baik saja. Kali ini Info Kerabat akan berbagi tips Agar Bebas Penyakit meski Kerja Shift Malam.

Bekerja pada shift malam berisiko terhadap penyakit diabetes, penyakit jantung, sulit tidur dan stres. Kondisi kesehatan yang buruk tersebut terutama timbul akibat gaya hidup tidak sehat pada pekerja shift malam itu sendiri.

Oleh sebab itu, bila Anda sedang bekerja pada shift malam sebaiknya waspada akan kesehatan diri sendiri untuk terhindar dari penyakit. Berikut tip-tip sehat untuk Anda yang bekerja shift malam.

1. Hindari makanan berminyak 
Makanan berminyak dapat memperlambat pencernaan dan juga mempercepat Anda lelah. Selain itu, makanan berminyak juga banyak mengandung kalori dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Bagi Anda yang bekerja shift malam, untuk mencegah kenaikan berat badan dan penyakit jantung maka jangan mengonsumsi makanan berminyak.

2. Tetap terus makan
Mungkin bagi Anda yang bekerja shift malam dihantui kenaikan berat badan. Namun, tetap terus makan merupakan salah satu tip kesehatan terbaik untuk orang yang bekerja shift malam. Tentu, di sini yang dimaksud adalah makan makanan sehat dengan interval pendek. Mungkin Anda bisa mencoba mengonsumsi kacang almond atau kacang mete.

3. Mengontrol gula
Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman mengandung gula dapat menyebabkan penambahan berat badan. Peningkatan berat badan adalah maasalah kesehatan yang umumnya sering terjadi pada orang yang bekerja shift malam. Selain itu, bila bekerja pada shift malam, terlalu banyak mengonsumsi gula membuat Anda rentan mengembangkan penyakit diabetes tipe-2.

4. Hindari minuman berenergi
Biasanya orang-orang yang bekerja pada shift malam sering minum kopi untuk menahan rasa mengantuk, dan membantu mereka tetap terjaga. Tetapi, ada juga sebagian orang yang bekerja pada shift malam mengonsumsi minuman berenergi untuk membantu mereka tetap terjaga. Namun, sama halnya dengan kopi, minuman berenergi juga memiliki konsetrasi kafein yang tinggi. Tentu ini tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

5.Tidur jika memungkinkan
Jika memungkinkan, bila bekerja pada shift malam cobalah untuk beristirahat sejenak dengan tidur sesaat di antara jam kerja Anda. Mengambil waktu istirahat dengan tidur sesaat akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah-Langkah Mendirikan Perusahaan ( PT )

Bila Anda ingin mendirikan perusahaan, Anda dapat memetik pelajaran dari pengalaman saya. Langkah-langkah yang saya tuliskan ini adalah...